Bidang dalam Komposisi Foto

JarakPandang.com – Di fotografi, semua subjek tiga dimensi akan ditransformasi menjadi gambar dua dimensi. Sebagian besar objek tersebut akan membentuk bidang-bidang gambar. Bidangnya dapat berbentuk kurva beraturan, seperti lingkaran roda mobil atau bidang persegi empat dari jendela.

Bisa juga, bidangnya berbentuk kurva tidak beraturan, seperti siluet tubuh manusia. Masalahannya, komposisi bidang menjadi terlalu kompleks jika semua objek dianggap sebagai bidang. Karena itu, istilah bidang lebih dikhususkan untuk mewakili objek-objek geometris yang memiliki karakter garis yang tegas. Contohnya, lingkaran, segitiga, dan kotak.

Supaya bidang-bidang tersebut tampil menonjol, komposisi bidang cenderung dibuat dengan tampilan yang sederhana, simpel.

Bidang tersebut bisa sebagai objek utama, point of interest (POI), bisa ditempatkan sebagai latar belakang, atau sebagai bingkai (frame).

JarakPandang.com – Bidang imaginer yang terbentuk dari roda rikshaw menjadi objek utama, salah satu day tarik dalam foto ini.

 

JarakPandang.com – Bidang-bidang segiempat yang terdapat pada dinding yang ada di bagian belakang, latar belakang, menjadi elemen pemanis yang membuat komposisi foto ini jadi lebih menarik.

 

JarakPandang.com – Bidang imajiner yang terbentuk oleh tiang, atap, dan bayangan di bagian depan difungsikan bingkai objek utama. Tampilan objek utamanya pun jadi lebih kuat, lebih menonjol.

Leave a Reply