Elemen Visual pada Komposisi Foto

Apa yang mesti disusun dalam komposisi foto? Pertama, amati dulu elemen-elemen visual apa yang paling melekat, menonjol pada objek tersebut. Elemen visual intinya terdiri dari garis, bidang, tekstur, warna, kontras, dan pola.

Setelah mengenali apa elemen visual pada objek, baru kita bisa merangkai, mengatur, mengkombinasikan elemen-elemen tersebut menjadi sebuah komposisi yang menarik atau yang bercerita.

JarakPandan.com – Foto sederhana hutan pinus yang terdapat di Gunung Bunder. Jajaran batang pohon pinus membentuk pola garis yang harmonis, dengan komposisi yang menonjolkan pola garis tersebut foto pun jadi terlihat menarik.

 

JarakPandang.com – Lampion hias pada foto ini membentuk kumpulan bidang-bidang geometris yang menarik. Ditambah dengan perpaduan warna yang lembut, foto objek sederhana ini bisa menjadi foto dokoratif yang indah.

 

Di sekeliling kita terdapat beragam objek dengan elemen visual yang melimpah. Yang terpenting, kita tahu bagaimana cara memanfaatkan elemen visual seperti garis, bidang, pola, tekstur, dan warna tersebut. Dengan melihat secara benar, objek yang semula kita anggap biasa-biasa saja dapat dikomposisikan menjadi objek foto yang sangat menarik.

Leave a Reply