Manfaat Fitur Metering di Kamera

JarakPandang.Com – Ada dua fitur di kamera yang berfungsi untuk mengkoreksi eksposur foto supaya hasilnya lebih akurat: metering dan kompensasi eksposur. Istilah lain yang sering digunakan untuk fitur metering ini adalah photometry.

Prinsipnya, pilihan metering bekerja dengan cara memilih luas area yang dijadikan referensi pengukuran eksposur. Pada pilihan Matrix/Evaluative yang diukur sekitar 95% dari area foto. Dengan Center Weight yang diukur area tengah frame dengan luas area sekitar 10-15%. Pada mode Spot yang diukur hanya 1-2% saja dari area fotonya.

Pilihan metering/photometry dilakukan berdasarkan sebaran cahaya, atau kontras, dari objek foto yang diambil. Namun secara umum, pilihan metering di Matrix/Evaluative paling sering digunakan. Kalau dengan metering Matix eksposurnya kurang akurat untuk mengkoreksinya tinggal lakukan kompensasi eksposur saja. Langkah ini biasanya lebih praktis daripada harus menganti-ganti mode meteringnya.

 

JarakPandang.Com – Ikon pilihan metering/photometry di kamera biasanya ditampilkan dengan tampilan seperti ini.

 

Matrix/Evaluative

Cocok untuk kondisi yang penyebaran cahayanya merata mengenai hampir seluruh permukaan objek yang masuk ke dalam frame foto. Semua area dalam foto tersebut kemudian dievaluasi oleh kamera. Pilihan metering di mode paling ideal karena kebanyakan kondisi pemotretan cocok eksposurnya diukur dengan mode Metering/Evaluative.

JarakPandang.Com – Untuk foto pemandangan dengan penyebaran cahaya yang merata seperti ini memotret dengan mode Matrix/Evaluative pasti akan menghasilkan foto dengan eskposur yang akurat.

 

Center Weight

Di beberapa kamera, mode metering Center Weight ada yang menggunakan nama mode Average. Dengan mode Center Weight bagian yang diukur hanya di area tengah saja. Mode ini cocoknya untuk digunakan pada foto-foto portrait.

JarakPandang.Com – Contoh foto portrait yang diambil dengan mode metering Center Weight. Area wajah yang paling penting yang diukur eksposurnya.

 

Spot atau Partial

Mode Spot yang mengukur hanya 1-2% di pusat frame cocoknya untuk mengambil foto dengan objek berkontras tinggi supaya detil dari objek tersebut tetap bisa terekam dengan eksposur yang pas.

JarakPandang.Com – Di kondisi berkontras tinggi seperti ini, pilihan metering Spot digunakan untuk mengukur eksposur daun yang terkena sinar matahari. Detil daunnya terekam dengan baik.

 

Sekali lagi, untuk mengkoreksi eksposur kita bisa memilih menggunakan metering atau kompensasi eksposur. Pilih salah satu, yang menurut kita paling praktis, lalu latih terus-menerus sampai menjadi biasa dalam mengoperasikannya.

Leave a Reply