Memahami Kontras Warna

JarakPandang.com – Bicara kontras, biasanya kita akan langsung berpikir tentang perbedaan gelap-terang pada foto. Padahal, kontras tidak hanya soal cahaya saja, tapi juga ada yang namanya kontras warna. Pemahaman soal kontras warna ini penting untuk bisa menciptakan “mood”, nuansa khusus pada foto.

Kedekatan posisi warna pada spektrum warna menimbulkan kekuatan kontras yang berbeda. Kalau posisinya semakin dekat, kontras warnanya lebih lembut. Kalau posisinya saling berseberangan, kontras warnanya menjadi lebih kuat.

 

JarakPandang.com – Grafik Roda Warna. Warna yang berdampingan, berdekatan, berarti memiliki kontras warna yang rendah, bernuansa senada. Warna yang saling berseberangan berarti memiliki kontras warna yang kuat, saling bertentangan.

 

JarakPandang.com – Dari kacamata komposisi foto, pemilihan papan pengumuman dengan tulisan warna hijau ini tidak tepat. Karena tembok yang jadi latar belakangnya juga berwarna hijau. Pengumuman ini punya tingkat keterbacaan yang rendah.

 

Adanya kontras yang kuat pada satu frame gambar akan membuat warna-warna tersebut saling bersaing untuk menarik perhatian. Dengan kata lain, setiap warna yang bersaing sebenarnya memiliki daya tarik (bobot) sama-sama kuat. Akan tetapi, kalau salah satu warna sangat dominan, warna pesaingnya sedikit, malah menjadi “pengecualian”.

Ingat! kebanyakan orang lebih tertarik untuk melihat sesuatu yang berbeda. Objek yang warnanya berbeda dengan sekeliling akan menjadikan objek tersebut terlihat lebih menarik perhatian.

 

JarakPandang.com – Foto ini didominasi dengan tonal warna hitam dan abu-abu, tonal yang karakternya senada. Foto pun memiliki kesan yang lebih santai, harmonis.

 

JarakPandang.com – Dalam grafik Roda Warna, posisi warna kuning dan merah yang berjauhan, berseberangan dengan warna biru muda. Karena itu, baju ibu dan anak yang berwarna kuning dan merah sangat menonjol terhadap warna biru langit yang jadi latar belakangnya.

Leave a Reply