Membaca Kontras

JarakPandang.com – Intensitas dan arah cahaya yang jatuh ke objek berpengaruh pada terciptanya kontras. Kontras pada foto menjadi elemen yang penting karena punya peran besar pada tampilannya. Khususnya, saat kita menciptakan gambar dalam format hitam-putih, monochrome, yang memainkan elemen gelap-terang.

Ada tiga jenis kontras yang patut diperhatikan pada gambar: micro contrast, local contrast, dan overall contrast.

Micro contrast adalah kontras yang terdapat pada detail yang akan membuat gambar terlihat tajam. Kualitas lensa, keakuratan fokus, dan jarak pemotretan memiliki pengaruh yang signifikan pada micro contrast. Micro contrast yang kuat akan membuat gambar memiliki ketajaman yang tinggi.

 

JarakPandang.com – Dengan pemotretan dari jarak dekat, lensa mampu menghasilkan foto dengan micro contrast yang tinggi. Hasilnya, foto dengan detail yang sangat tajam.

 

Local contrast adalah kontras yang tercipta pada area tertentu pada gambar. Kontras jenis ini biasanya berfungsi untuk memisahkan objek utama foto dengan lingkungan di sekitarnya, atau latar belakngnya.

 

JarakPandang.com – Cahaya yang jatuh ke area daun bambu, membuat bentuk dari objek tersebut menjadi lebih menonjol, terpisah dengan latar belakangnya inilah yang dikategorikan sebagai local contrast.

 

Overall contrast adalah kualitas kontras yang terdapat pada keseluruhan area gambar. Kontras jenis ini sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya pada saat pemotretan. Misal, saat kondisinya berawan, foto yang dihasilkan kontrasnya akan cenderung rendah. Sebaliknya, saat cuaca sedang cerah, kontrasnya akan tinggi.

Bicara tentang kontras, kontras yang tinggi tidak selalu lebih baik disbanding foto berkontras rendah. Dalam foto, ada fakator yang namanya “mood”, atau nuansa. Dalam situasi tertentu, foto berkontras rendah, terkadang bisa lebih menarik karena “mood” atau nuansanya jadi terasa lebih kuat.

 

JarakPandang.com – Cuaca yang sedang berawan menghasilkan foto dengan kontras yang rendah hampir di seluruh frame. Namun foto dengan overall contrast yang rendah ini masih tetap menarik karena unsur mood, atau nuansa, sepi, sunyi yang timbul dari kontras rendahnya.

 

JarakPandang.com – Dalam kondisi cuaca yang cerah kontras yang dihasilkan cenderung tinggi. Situasi seperti ini ideal untuk kebanyakan foto landskap.

Leave a Reply