Mengontrol Ruang Tajam dengan Aperture

JarakPandang.com – Ruang Tajam (atau Depth of Field/DOF) adalah suatu ruang yang terbentuk di depan kamera, yang mana subjek (dan objek) yang berada di dalam ruang tersebut akan tampak tajam di dalam gambar. Ruang tajam (DOF) tergantung pada bukaan aperture, focal-length lensa, dan jarak kamera dengan subjek.

Tidak hanya mempengaruhi cahaya yang masuk ke kamera, pilihan bukaan aperture juga berpengaruh pada cakupan ruang tajamnya. Aperture pada bukaan lebar 9F/1.7, f/2, f/2.8, f/3.5) memiliki ruang tajam yang sempit. Aperture bukaan sempit (f/8, f/11, f/16, f/22) ruang tajamnya lebih luas.

 

JarakPandang.com – Dengan bukaan aperture lebar (f/1.8), ruang tajamnya jadi sempit, titik fokusnya saja yang tajam (nisan putih), sedangkan nisan lain jaraknya lebih dekat dan lebih jauh yang di luar ruang tajam jadi blur.

 

JarakPandang.com – Saat bukaan aperture dipersempit (f/11), ruang tajamnya jadi makin luas, nisan di bagian belakang yang jaraknya lebih jauh tulisannya lebih terbaca, lebih tajam.

 

Apa manfaat dari ruang tajam ini? Fotografer kreatif memanfaatkan efek ruang tajam ini untuk menentukan detail gambar yang ingin ditonjolkan.

Contoh, di tempat yang ramai – di mana banyak orang yang lalu-lalang atau banyak barang yang membuat tempat itu semrawut – maka detail pada gambar akan menjadi terlalu ramai kalau semua objeknya tajam. Untuk membuat objek utamanya menonjol, objek perlu diisolasi. Salah satu cara mengisolasinya bisa dengan mengendalikan ruang tajamnya. Atur aperture pada bukaan paling lebar, tentukan titik fokus pada objek utama, maka objek utamanya akan tajam sedangkan objek lain di luar cakupan ruang tajamnya akan blur, bokeh.

Kalau menggunakan bukaan aperture sempit, ruang tajamnya akan makin luas. Objek yang dekat dengan kamera sampai yang jauh akan tajam semuanya. Pilihan aperture bukaan sempit dengan ruang tajam yang luas biasanya dipakai saat memotret arsitektur, interior, dan landskap.

 

JarakPandang.com – Dengan aperture di f/22, bukaan sempit, sepeda yang jadi objek utama tajam, begitu juga Tugu Monumen Nasional di bagian latar belakangnya. Ruang tajamnya yang luas membuat objek yang dekat sampai yang jauh tajam semuanya.

Leave a Reply